A. Visi
Terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertakwa, berbudi pekerti luhur, bernalar kritis, dan kreatif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
B. Misi
- Melakukan kegiatan pembiasaan secara rutin untuk meningkatkan pengamalan sikap iman dan takwa seluruh warga sekolah.
- Mengembangkan kerjasama dan komunikasi intensif antara guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat.
- Menerapkan kepedulian terhadap lingkungan dengan budaya 3K (kebersihan diri, kebersihan kelas, kebersihan sekolah).
- Meningkatkan kualitas layanan di bidang pendidikan dengan mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, dan berkarakter.
- Meningkatkan kualitas SDM dengan mengikuti pelatihan, seminar, dan pendidikan.
- Meningkatkan sikap kebhinekaan global dan demokrasi dalam pengembangan program-program sekolah.
C. Tujuan
1. Tujuan Jangka Pendek
- Menyediakan program pembinaan keagamaan mingguan bagi peserta didik.
- Meningkatkan frekuensi kegiatan keagamaan di sekolah, seperti pengajian, misa, dan doa bersama.
- Mengadakan workshop dan seminar tentang etika dan moral bagi peserta didik.
- Membangun budaya sekolah yang menekankan pentingnya nilai-nilai sopan santun dan tanggung jawab.
- Melaksanakan pelatihan keterampilan berpikir kritis bagi guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
- Mengintegrasikan metode pembelajaran berbasis proyek yang memacu kemampuan analitis peserta didik.
- Meningkatkan jumlah kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis seni dan inovasi.
- Mengadakan kompetisi kreatif tahunan di tingkat sekolah untuk merangsang kreativitas peserta didik.
- Menyelenggarakan sosialisasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
- Mengadakan upacara bendera dan kegiatan nasionalisme secara rutin.
2. Tujuan Jangka Menengah
- Mengimplementasikan program mentor spiritual bagi peserta didik untuk mendalami ajaran agama masing-masing.
- Membentuk kelompok diskusi keagamaan yang aktif dan berkelanjutan.
- Mengembangkan program “Sekolah Berkarakter” yang menekankan pada penguatan moral dan etika.
- Mengadakan program kemitraan dengan organisasi sosial untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sosial.
- Memasukkan materi berpikir kritis dalam kurikulum secara lebih komprehensif.
- Menyediakan lebih banyak sumber daya dan alat bantu untuk pembelajaran berbasis proyek dan pemecahan masalah.
- Membentuk komunitas kreatif di sekolah yang mengakomodasi berbagai minat peserta didik dalam seni, teknologi, dan inovasi.
- Mengadakan pameran karya seni dan inovasi hasil kreasi peserta didik secara berkala.
- Mengintegrasikan pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam semua mata pelajaran.
- Mengadakan kegiatan study tour ke tempat bersejarah dan institusi pemerintahan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan.
3. Tujuan Jangka Panjang
- Mencapai tingkat kepatuhan religius yang tinggi di kalangan peserta didik melalui program pembinaan yang berkelanjutan.
- Membentuk lingkungan sekolah yang religius dan mendukung praktik keagamaan sehari-hari.
- Menetapkan sekolah sebagai model teladan dalam pendidikan karakter di tingkat regional atau nasional.
- Melibatkan peserta didik dalam program pengabdian masyarakat sebagai bagian dari kurikulum.
- Mencapai tingkat keterampilan berpikir kritis yang diakui secara akademis dan profesional di tingkat nasional.
- Membentuk budaya sekolah yang selalu menekankan pentingnya analisis dan pemecahan masalah.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung inovasi dan kreativitas, dengan fasilitas yang memadai.
- Mendapatkan pengakuan di tingkat nasional atas prestasi kreatif dan inovatif peserta didik.
- Menjadi sekolah percontohan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila di tingkat nasional.
- Menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki integritas dan patriotisme yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.