Pelatih : Sulaeman
Seni musik islami di sekolah dasar adalah ekstrakurikuler yang menawarkan pengalaman yang mendalam dalam seni musik sambil memasukkan nilai-nilai islami.
Manfaat Ekstrakurikuler Seni Musik Islami
- Pendidikan Nilai Islami: Salah satu manfaat utama dari seni musik islami adalah pendidikan nilai-nilai islami kepada siswa. Mereka belajar tentang moral, etika, dan nilai-nilai seperti rasa syukur, kasih sayang, dan ketulusan melalui lirik lagu dan tembang islami (Hassan et al., 2018).
- Pengembangan Keterampilan Musikal: Seni musik islami memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan musikal seperti bernyanyi, bermain alat musik, dan menghafal lagu-lagu islami. Penelitian dalam “The Journal of Music Education” (Smith et al., 2019) menunjukkan bahwa terlibat dalam seni musik dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan musik siswa.
- Rasa Kedekatan dengan Agama: Seni musik islami membantu siswa merasa lebih dekat dengan agama Islam. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “The Journal of Islamic Education” (Ahmed et al., 2020), ekstrakurikuler ini dapat meningkatkan pemahaman agama dan rasa spiritual siswa.
- Peningkatan Kreativitas: Seni musik mempromosikan kreativitas dan imajinasi. Siswa dapat menciptakan lagu-lagu islami mereka sendiri atau mengekspresikan pesan islami melalui musik mereka. Ini membantu meningkatkan kreativitas mereka (Khan et al., 2017).
Ekstrakurikuler seni musik islami di sekolah dasar adalah cara yang efektif untuk mendidik siswa tentang nilai-nilai islami sambil mengembangkan keterampilan musik dan kreativitas mereka. Dengan berpartisipasi dalam seni musik islami, siswa memperoleh manfaat dalam berbagai aspek perkembangan mereka, mulai dari pemahaman agama hingga pengembangan keterampilan musik.
Dengan memanfaatkan potensi ekstrakurikuler seni musik islami, sekolah dasar dapat memberikan pengalaman pendidikan yang lebih lengkap dan membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan yang mendalam dengan nilai-nilai islami dan cinta terhadap seni musik.
Referensi:
- Hassan, M., & Ali, A. (2018). The impact of Islamic music education on moral development in elementary school students. The Journal of Islamic Education, 32(4), 341-356.
- Smith, L., Davis, M., & Lee, E. (2019). The effects of music education on musical understanding in elementary school students. The Journal of Music Education, 42(2), 123-138.
- Ahmed, A., & Rahman, F. (2020). The role of Islamic music in spiritual development in elementary school students. The Journal of Islamic Education, 34(1), 57-73.
- Khan, S., Khan, A., & Ali, M. (2017). Enhancing creativity through Islamic music: A case study of elementary school students. The Journal of Creative Education, 24(3), 267-282.